Pupuk Organik pada tanaman Kentang

Pupuk Organik pada tanaman kentangSebagai salah satu alternatif makanan pokok dan salah satu sayuran yang sering diolah sebagai pendamping nasi, kentang (Solanum tuberosum L) memegang peranan penting sebagai komoditi konsumsi masyarakat Indonesia.  Kebutuhan kentang dalam negeri banyak dipasok dari sentra produksi kentang yang tersebar di daerah Sumatera Utara, Sumatera Barat, Jambi, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Sulawesi Selatan. Varietas kentang yang banyak ditanam di Indonesia adalah kentang kuning varitas Granola, Atlantis, Cipanas dan Segunung.



Tidak hanya karena rasanya yang enak, kentang juga diminati karena gizinya. Kandungan zat besi, fosfor, kalsium, magnesium, potassium, zinc, serat, vitamin C, vitamin B-6,  kolin dan folat yang ada di dalam kentang bermanfaat untuk tulang, menurunkan tekanan darah, kesehatan jantung, mengatasi peradangan, sintesis DNA, memperlancar pencernaan, mendukung metabolisme tubuh dan juga baik untuk kulit (sumber: www.medicalnewstoday.com).

Pupuk Organik pada tanaman kentang


Kentang termasuk tanaman yang dapat tumbuh di daerah tropika dan subtropika, dapat tumbuh baik pada tanah yang subur, mempunyai drainase yang baik, tanah liat yang gembur, debu atau debu berpasir. Tanaman kentang toleran terhadap pH pada selang yang cukup luas, yaitu 4,5-8,0, tetapi untuk pertumbuhan yang baik dan ketersediaan unsur hara, pH yang baik adalah 5,0-6,5.

Pupuk Organik pada tanaman kentang
Rekomendasi aplikasi pupuk organik BOF:
1.    Pupuk organik BOF diaplikasikan setelah pengolahan lahan terakhir, bisa bersamaan waktunya dengan aplikasi pupuk kandang jika sudah matang. Kalau belum, sebaiknya pupuk organik BOF diaplikasikan satu minggu setelahnya. Dosis pupuk kandang seperti biasa atau bisa dikurangi 50%.
2.    Dosis pupuk organik BOF yang disarankan adalah 100 gr/tanaman. Bisa di lubang tanam atau dibuat lubang baru di samping bibit.
3.    Aplikasikan pupuk kimia di lubang tersendiri dengan dosis seperti biasa.

 

Pupuk Organik pada tanaman kentang

Pupuk Organik pada tanaman kentang

 

Pupuk Organik pada tanaman kentang

Pupuk Organik pada tanaman kentang

Pupuk Organik pada tanaman kentang

 

Staf Riset PT. Bio Planmate
BIO PLANMATE INDONESIA
Talavera Office Park 28th Floor
Jl. TB Simatupang No 22-26
Jakarta Selatan
P: 021-72784992  F: 021-72784991
www.bioplanmate.com

Sistem Pengolah Limbah Pabrik Kelapa Sawit Bioplanmate

BIOPLANMATE INDONESIA PT.
Talavera Office Park 28 Fl., Jl. T.B. Simatupang No. 22-26

1. Info / Pembelian Pupuk Call / WA 081219992860

2. Info / Pembelian Pupuk Call / WA 081932020368


Call / WA untuk Sistem Pengolah Limbah 081380640995
Klik disini :